Minggu, 02 Oktober 2016

Penyebab Kegagalan Dalam Memillih Bisnis Baru

Memulai suatu bisnis yang baru tidaklah semudah yang kita bayangkan, karena kita harus memiliki rencana yang benar-benar matang. Rencana ini harus disusun sedemikian rupa agar bisa menarik konsumen serta memenuhi keinginan pelanggan. Membuka bisnis baru akan menghadapi banyak rintangan untuk mencapai kesuksesannya, karena banyak pembisnis lain yang sudah memulai terlebih dahulu dibanding kita. Adapun hal-hal yang wajib dihindari agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah penyebab kegagalan dalam memilih bisnis baru:
1.   Salah dalam memilih bidang usaha.
    Bidang usaha yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan kita, jika bisnis yang dijalani diluar kemampuan maka akan berakibat fatal bagi bisnis. Bisnis yang dijalanipun harus memiliki visi, misi, serta tujuan agar semuanya berjalan sesuai dengan rencana awal yang telah ditentukan.
2.   Produk tidak menjual.
     Pembisnis harus menurunkan emosinya dalam hal pembuatan produk. Terkadang pembisnis hanya memikirkan dan membuat produk sesuai dengan keinginannya, sedangkan fungsi dan kegunaan dari produk tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat suatu produk adalah desain produk, fungsi utama produk, kegunaan produk, mengikuti tren yang ada, dan lain-lain.
3.   Tidak memiliki kehandaan.
     Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pelaku usaha harus memiliki kemampuan dalam bisnis yang ia jalani. Tidak hanya pemilik usaha, namun pekerja yang berhubungan dengan pembuatan produk, pemasaran produk, dan lain lain harus memiliki kemampuan dibidangnya masing-masing.
4.   Menjual produk diwaktu yang tidak tepat.
    Waktu pada saat memasarkan produkpun harus diperhatikan, karena jika memasarkan produk diwaktu yang tidak tepat maka tidak akan ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut. Contohnya, menjual minuman dingin di musim hujan, menjual produk yang sudah terlewat jamannya, dan lain-lain.
5.   Tidak memiliki rencana usaha.
    Segala sesuatu yang dilakukan dalam bisnis harus direncanakan agar semuanya berjalan dengan keinginan yang telah kita rencanakan sebelumnya. Jangan pernah bergantung pada suatu keberuntungan atau sering disebut dengan nama hoki yang tidak jelas.
6.   Melakukan tindakan yang tidak efektif.
     Efektif yang dimaksud adalah melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan waktu yang diinginkan.
7.   Tidak komitmen dalam mengambil keputusan.
    Komitmen adalah salah satu unsur yang wajib dimiliki oleh setiap pembisnis, karena komitmen akan menentukan nasib bagi usaha yang dijalani. Dalam menjalani bisnis tidak boleh plin plan dalam mengambil keputusan, setiap keputusan yang diambil tidak boleh berubah-ubah dan jangan pernah putus asa jika keputusan yang diambil itu salah, hal yang harus dilakukan yaitu memperbaiki segala kesalahan yang telah dibuat.
8.   Salah memilih teman.
    Sulit bagi seorang pembisnis jika melakukan bisnis seorang diri, setidaknya setiap pembisnis harus memiliki seorang partner kerja yang dapat dipercaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar