Senin, 31 Maret 2014

Wawasan Nusantara (Bagian 1)

Wawasan Nusantara

Untuk membahas Wawasan Nusantara, sebaiknya terlebih dahulu memahami wawasan nasional suatu bangsa secara universal, hal ini mengingat latar belakang suatu bangsa bahwa :
• Kebenaran hakiki (mutlak) Ialah kebenaran dari Tuhan .
1.      Pencipta alam semesta, termasuk manusia.
2.      Manusia di beri kelebihan dari makhluk yang lain melalui akal pikiran dan budi nurani, namun tetap terbatas kemanpuannya dalam menggunakan akal pikiran dan budi nurani tersebut, sehingga antara manusia yang satu dengan manusia yang lain tidak menpunyai tingkat kemampuan yang sama.
3.      Dari ketidaksamaan tersebut menimbulkan perbedaan Pendapat ,kehidupan, kepercayaan sebagai pedoman hidup dan termasuk cara melihat dan memahami sesuatu.
4.      Perbedaan-perbedaan tersebut dinamakan keanekaragaman. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keanekaragaman tersebut memerlukan P E R E K A T, guna memelihara keutuhan.
• Suatu bangsa yang telah bernegara,
Dalam menyenggarakan kehidupannya tidak lepas dari : Pengaruh lingkungan.
Pengaruh tersebut berdasarkan pada:
Hubungan timbal balik antara:
1.      Filosofi bangsa ,ideologi, aspirasi dan cita-cita di hadapkan dengan.
2.      Kondisi sosial masyarakat, budaya dan tradisi, keadaan alam, wilayah & pengalaman sejarahnya. Oleh karena itu di butuhkan:
a. Suatu konsepsi berupa Wawasan Nasional, untuk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri bangsa.
b. Wawasan berasal dari kata Wawas (bahasa jawa) artinya Melihat / memadang dengan akhiran an, berati cara melihat , cara tinjau atau cara pandang.
c. Maka wawasan suatu bangsa harus mampu memberi inspirasi dalam menghadapi hambatan dan tantangan yang di timbulkan oleh lingkungannya (lingkungan stratejik) dalam mengejar kenyatannya.
Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan ada 3 faktor penentu yang harus di perhatikan oleh bangsa:
        1)      Bumi atau ruang di mana bangsa itu hidup.
        2)      Jiwa, tekad, semangat rakyatnya.
        3)      Lingkungan sekitarnya.

Wawasan Nasional ialah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara terhadap diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung ( interasi dan interelasi ) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah - tengah lingkungannya baik nasional regional dan global.

Ajaran Wawasan Nasional Indonesia adalah wawasan Nasional Indonesia dibentuik & dijiwai oleh paham kekuasaan bangsa Indonesia & Geopolitik bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar